Saturday, October 8, 2016

Sebenarnya Apa Sih Listrik Itu?



Saya yakin manusia jaman sekarang sudah sangat akrab dengan istilah yang satu ini. Apalagi sekarang banyak sekali produk - produk yang memanfaatkan energi yang satu ini. Meskipun kita begitu akrab dengan istilah yang satu ini Namun tahukah kamu, apakah sebenarnya listrik itu? Untuk mempermudah pemahaman mudah - mudahan penjelasan secara teknis tentang listrik ini bisa membantu.
          Listrik merupakan salah satu bentuk energi. energi listrik di hasilkan dari perpindahan antar elektron dari atom satu ke atom yang lainnya yang berada pada kulit atom terluar. Akibat perpindahan inilah dihasilkan energi listrik (bayangkan saja ketika kita lari dari tempat satu ke tempat yang lain maka akan ada angin yang kita hasilkan, anggaplah angin itu adalah energi yang kita hasilkan akibat perpindahan kita). Dan biasanya ini mudah terjadi pada unsur - unsur yang memiliki sifat logam karena unsur - unsur logam memiliki sedikit elektron di bagian kulit terluar sehingga elektron bisa bebas bergerak dan berpindah ari atom satu ke atom yang lain.



          Istilah Listrik sendiri di ambil dari bahasa Inggris yaitu Electric/Electricity, yang kalau kita lihat Electric berasal dari kata electron (Elektron dalam bahasa indonesia). Dari segi bahasa kita bisa tahu listrik merupakan sesuatu yang berkaitan erat dengan elektron. untuk yang masih bingung soal atom, proton, elektron saya akan coba menjelaskan.

         Kita tahu bahwa setiap benda yang ada di dunia ini sebenarnya tersusun oleh zat / partikel -partikel super kecil yang di sebut dengan istilah Atom, partikel super kecil yang tidak bisa di lihat oleh mata kita secara langsung, dan hanya bisa di lihat oleh Mikroskop khusus atom.

        Atom terdiri dari Inti atom dan kulit atom yang tersusun oleh Proton,elektron, dan Neutron. Inti atom terdiri dari Proton dan Neutron sedangkan kulit atom tersusun atas elektron yang terus berputar mengelilingi inti atom, dan kulit atom bisanya tersusun berlapis lapis terrgantung jenis unsurnya. Untuk mempermudah pemahaman, bayangkanlah sistem tata surya kita ada matahari dan planet - planet yang mengelilinginya, anggaplah Matahari sebagai Inti atom(Proton & Neutron) sedangkan planet-planet yang mengelilinginya merupakan kulit atom(elektron), planet terdekat matahari kita sebut lapisan kulit terdalam, planet ke-2 merupakan kulit atom ke -2 begitu seterusnya sampai bagian kulit terluar. semua partikel atom memiliki muatan energi. Proton bermuatan energi positif, Elekton bermuatan energi Negatif sedangkan neutron tidak memiliki muatan / netral.

        Setelah paham bagaimana susunan atom, kita jadi bisa lebih mudah memahami tentang listrik. karena semua materi yang ada di bumi ini bahkan alam semesta terdiri dari partikel kecil yang sering kita sebut dengan istilah atom. jadi akan lebih mudah bagi kita untuk memahami sesuatu yang bermateri melalui pemahaman dasar ini. mudah -mudahan artikel yang singkat ini dapat membantu. jika masih bingung silhakan tinggalkan komentar, terimakasih.

Load disqus comments

0 comments