Monday, September 19, 2016

10 Wilayah Terkering di Dunia Berdasarkan Livescience

             Sebelum menyebutkan daerah - daerah mana yang termasuk daerah terkering di dunia, alngkah baiknya kita ketahui dulu yang di sebut daerah kering itu apa. Daerah kering atau yang sering kita sebut dengan istlah gurun adalah suatu daerah yang menerima curah hujan sedikit, kurang dari 250 mm per tahun. di daerah gurun hanya sedikit jenis Flora maupun Fauna yang dapat bertahan hidup karena minimnya sumber air yang merupakan faktor utama berlangsungnya kehidupan. dan berikut ini merupakan 10 daerah terkering di dunia menurut LiveScience.com

1. Dry Valley (Lembah Kering), Antarctica (rata-rata curah hujan 0 mm/tahun)
source image

Saat pertama mendengar kata Antarctica yang terlintas di pikiran saya adalah daerah dingin yang ditutupi salju abadi. dan saya sendiri cukup terkejut ketika mendengar daerah di Antarctica ini merupakan daerah terkering di muka bumi. Bayangkan saja rata - rata curah hujan di daerah ini adalah 0 per tahun, sama sekali tidak turun hujan di daerah ini. Kondisi aneh ini di sebabkan oleh angin Katabatic yang bergerak dengan kecepatan 200 Mile/H atau 322 KM/H yang berhembus dari atas  ke arah lembah dan menguapkan semua air dan es yang berada di daerah yang dilaluinya sehingga lembah ini menjadi kering. Sudah 2 juta tahun daerah ini tidak turun hujan. bagaimanapun Antarctica masih menyimpan banyak misteri yang mungkin hanya diketahui oleh sedikit orang saja. Karena sejak tahun 1961 wilayah ini ditetapkan sebagai wilayah terlarang untuk dilewati.

2. Arica, chili (rata-rata curah hujan 0,761 mm/tahun)
source image

Arica merupakan kota pelabuhan di Chili bagian utara. Letaknya 18 km dari perbatasan Peru. dulunya Kota ini merupakan kota pelabuhan utama bagi kekaisaran Spanyol. kota ini termasuk daerah terkering di dunia curah hujan 0,761 mm per Tahun. Sebenarnya sekitar awan tempat ini cukup lembab, namun air tidak pernah turun ke tanah sehingga menjadikan daerah ini daerah terkering di bumi.

3. Al-Kufrah, Libya (rata-rata curah hujan 0,860 mm/tahun)
source image

Sebuah daerah terkering di Afrika, Al kufrah memiliki beberapa oasis terdekat dimana mata air alami mengalir dari dalam tanah dan memberi kehidupan bagi manusia dan hewan di sekitar. Hasil utama dari daerah ini ialah buah persik, kurma dan aprikot. di dekatnya merupakan gurun yang tertutup oleh pasir setebal 300 Meter

4. Aswan, Mesir (rata-rata curah hujan 0,861 mm/tahun)
source image

Aswan sebuah daerah di Mesir yang mungkin lebih banyak dikenal sebagai sebuah bendungan, namun sebagian besar wilayah ini memiliki kelembaban udara yang rendah. Meski beberapa wilayah di MEsir menapatkan angin laut namun Aswan tetap panas dan kekurangan air sepanjang tahun. Angin berbpasir berhembus dengan kecpatan 100 Mile/H atau 161Km/H adalah hal yang biasa. Dan batu - batu yang dipakai untuk membangun piramida Giza di ambilk dari lembah kering Aswan.

5. Luxor, Mesir (rata-rata curah hujan 0,862 mm/tahun)
source image

Luxor merupakan rumah bagi peninggalan barang - barang antik dunia, dan sekaligus daerah yang sedikit mendapatkan kelembabab udara. pada musim dingin udara panas yang dikenal dengan nama Khamsin terkadang bertiup dari gurunn barat yang membawa badai pasir. Badai bisa berlangsung hingga dua hari bergerak seperti mobil balap dengan kecepatan 93 Mile/H atau 150 Km/H dengan kenaikan suhu 20derajat. setiap hujan yang turun akan segera menguap.

6.Ica, Peru (rata-rata curah hujan 2,29 mm/tahun)
source image

Terletak di sisi selatan Lima, yang berbatasan dengan Gurun Atacama, terdapat Ica. MEski wilayah ini tidak selalu terlihat kering dan berdebu namun pada 20017 para ilmuwan menemukan fosil dari spesies pinguin setinggi 4 kaki (1,2 meter) yang mendiami daerah tersebut. Udara kering di kawasan itu memmbuat mumi pra-colombuz, seperti sisa-sisa manusia tidak membusuk.

7. Wadi Halfa, Sudan (rata-rata curah hujan 2,45 mm/tahun)
source image

Wadi Halfa merupakan gambaran sempurna kota gurun yang merupakan "Dead Center" nya Sahara.Udara kering yang berhembus memiliki pengaruh yang kuat bagi daerah di sekitarnya sehingga menghasilkan gurun yang kering dan panas

8. Iquique, Chili (rata-rata curah hujan 5,08 mm/tahun)
source image

Kota pelabuhan ini terletak di bagian negara Chili , dan terletak di sebelah barat Gurun Atacam yan terkenal itu. Di sekitar gurun biasanya digunakan untuk penambangan pupuk alami nitrat, Jika hujan tidak turun pada bulan Januari dan Februari dan di kota ini akan berhembus angin kering.

9. Pelican point, Namibia (rata-rata curah hujan 8,13 mm/tahun)
source image

Pelicant Point merupakan dermaga kecil di negara Namibia, meski terkenal sebagai tempat yang kering namun masih ada peselancar yang melakukan surfing di daerah pantainya.

10. Aoulef, Algeria/Aljazair (rata-rata curah hujan 12,19 mm/tahun)
Source Image

Sebuah kota kecil di pusat kota Aljazair merupakan tempat terkering di negara yang sudah kering ini. pohon - pohon terlihat saling berjauh-jauhan. karena udara cukup panas hanya pohon - pohon gurun seperti kurma saja yang dapat tumbuh.




Diamanakah wilayah paling kering di dunia
tempat - tempat paling kering di dunia
wilayah paling kering di dunia
antartika merupakan tempat / wilayah paling kering di dunia

Load disqus comments

2 comments