Saturday, September 17, 2016

8 Cara Mudah Untuk Melawan Kesedihan


         Kesedihan merupakan sesuatu yang bisa datang kedalam kehidupan kita tanpa permisi, kapanpun dan dimanapun. Banyak hal menyebabkan kita sedih bisa karena kenyataan yang tidak sesuai harapan, atau karena orang - orang terdekat kita.berikut merupakan 8 cara untuk melawan kesedihan yang bisa kamu terapkan ketika kededihan datang melanda.

1. Makan - makanan pedas
Mungkin tidak banyak di antara kita yang menyadari bahwa  makan makanan peda dapat melawan kesedihan. alasannya karena makanan peda dapat melepaskan hormon endorphin (hormon yang dapat menimbulkan rasa bahagia).  makanan pedas mengandung komponen kimia yang sering kita sebut ddengan Capsaicin (zat yang membuat cabai terasa pedas) zt ini merangsang saraf penerima rasa sakit di membran selaput lendir yang terdapat di mulut dan hidung. dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh sedang merasakan rasa sakit sehingga otak melepaskan hormon ndorphin untuk membuatmu lebih baik

2. Gunakan minyak wangi
Bau wangi memiliki peran yang besar terhadap emosi kita.menghirup minyak wangi dapt meningkatkan mood kita sehingga bisa membuat kebahagian kita kembali. sebenarnya masalah wewangian itu selera masing-masing individu, namun beberapa aroma minyak wangi berikut bisa dicoba. contohnya wangi Jeruk, Lemon, mawar, melati, geranium, lavender, apel atau wangi-wangian yang memiliki aroma segar iytu kan lebih cepat mengembalikan mood kita.

3. Mendengarkan musik favorit
siapa sih yang tidak suka musik, hampir semua orang menyukai musik hanya saja selera masing -masing orang berbeda. musik dapat mempengaruhi emosi pada diri seseorang, musik dapat menciptakan kenangan dan musik dapat menghapus kesedihan. saya sendiri ketika sedang bersedih sering menggunakan musik sebagai pengalih agar tidak terlarut dalam kesedihan. saya biasanya mendengarkan musik-musik Remix, atau musik - musik yang dapat membangkitkan semangat, mungkin ketika kita sedang merasa sedih sangat tidak berselera mendengarkan musik-musik semangat. tapi paksalah, gunakan volume yang keras sambil mendengarkan kita bisa sambil merapikan kamar atau mencuci. Dan musik cukup efektif dalam menghapus kesedihan.

4. Lakukan Latihan
Melakukan latihan seperti lari - lari kecil (Jogging), bersepeda atau lompat tali (skipping) deketahui dapat meningkatkan hormon dopamine(hormon kebahagiaan/memberi rasa semangat) hanya dalam waktu bebereapa menit. jadi lakukan latihan-latihan sederhana tersebut ketika kita sedang bersedih bisa menggantikan bad mood menjadi good mood.

5. Tertawa
Tertawa bukan hal yang mudah untuk dilakukan ketika kita sedang dilanda kesedihan. namun tertawa beberapa menit saja bisa menggantikan kesedihan menjadi sebuah kebahagiaan karena ketika tertawa otak akan banyak melepaskan hormon  kebahagiaan. jika kamu sedang merasa  tidak ingin tertawa, cobalah tonton kolekso film-film komedi favorit, atau buka youtube carilah video-video lucu yang dapat membuatmu tertawa

6. Memakan Cokelat
Sudah menjadi rahasia umum cokelat merupakan pembunuh rasa sakit alami yang dapat melepaskan hormon endorphin dalam otak. jadi cobalah makan cokelat ketika kamu sedang merasa sedih, makanlah cokelat yang mengandung cokelat alami setidakanya 70% itu akan lebih efektif sebagai "painkiller".

7. Pergi Keluar rumah

Menghabiskan waktu di luar di siang hari dapat meningkatkan mood dalam diri. berada di luar rumah akan membuat tubuhmu menyerap banyak vitamin D yang telah diketahui dapat mencegah depresi.

8. Menghabiskan waktu bersama teman

Kapanpun kamu sedang merasa sedih panggillah teman-temanmu  dan buat rencana untuk pergi bersama. Menghabiskan waktu bersama teman dapat membuatmu bahagia meskipun itu sekedar obrolan-obrolan biasa. karena teman merupakan tempat untuk berbagi dalam suka maupun duka.

Load disqus comments

0 comments