Saturday, September 10, 2016

Jika Kamu Tidak Bisa Tidur Mungkin Ini Salah Satu Penyebab Kurang Tidur



source image
          Tidur merupakan sebuah kebutuhan dasar manusia. Namun pernahkah kita merasa sulit tidur meskipun malam sudah semakin larut bahkan menjelang pagi? Ada banyak faktor yang dapat membuat kita susah tidur. Berikut adalah penyebab orang merasa sulit tidur.
A.      Kesendirian
           Jika kamu termasuk orang yang menyukai kehidupan sosial dimana kamu membutuhkan orang lain agar selalu berada di sekelilingmu, mungkin kamu akan mendapatkan masalah ketika mereka sedang berada jauh darimu. Hal tersebut akan membuatmu merasa kesepian dan membuat hatimu merasa gelisah. Rasa gelisah yang kamu alami dapat membuat hatimu tidak tenang, ketakutan bahkan bisa membuatmu frustasi. Biasanya dialami oleh mereka yang hidup sendiri jauh dari orang tua.   
            Jika kamu merasa sulit tidur identifikasi dahulu apakah saat ini kamu sedang merasa kesepian, jika iya maka ajaklah teman atau saudara untuk tidur bersamamu atau jika tidak ada yang bisa datang telponlah seseorang sekedar untuk meredakan kegelisahan dalam hati. (Fakta tentang kesepian)
B.      Kedinginan
            Kedinginan akan membuat tubuh kita menjadi lebih aktif bekerja, di tandai dengan kondisi tubuh mengigil. kondisi ini biasanya dialami oleh mereka yang tinggal di daerah pegunungan, daerah yang memiliki iklim salju atau kondisi ketika sedang turun hujan sehingga membuat udara menjadi dingin. Jika kamu merasa sulit tidur karena kondisi ini, gunakanlah selimut untuk menghangatkan tubuhmu atau bisa juga  gunakan minyak kayu putih sambil kita menutupi tubuh dengan selimut hangat.
C.      Kepanasan
             Tubuh kita tidak menyukai suhu yang terlalu ekstrim. Udara yang terlalu dingin maupun terlalu panas akan membuat tubuh kita berusaha menetralisir suhu elstrim tersebut dengan tubuh kita, sehingga tubuh akan bekerja lebih aktif. Jika udara terlalu panas tubuh menanndainya dengan keluarnya keringat dari pori – pori kita karena tubuh berusaha untuk mendinginkannya permukan kulit kita. Biasanya ini terjadi di daerah perkotaan yang sering merasakan panas di siang maupun malam hari, saya sendiri sering merasakan susah tidur karena udara panas. 
            Solusinya gunakan kipas angin atau AC. Jika menggunakan kipas angin, jangan arahkan kipas angin langsung ketubuh kita karena tidak baik buat kesehatan. Saya sendiri sering masuk angin kalau tubuh terkena langsung angin dari kipas, biasanya saya arahkan ke tembok sehingga kita hanya terkena pantulan angin dari kipas tersebut. Dan jika menggunakan AC atur suhunya jangan terlalu dingin, suhu ruangan yang nyaman sekita 25 – 27 derajat celcius sehinggaa sesuaikan. (alasan kenapa malam hari terasa panas)
D.      Kelaparan
              Kondisi yang satu ini memang cukup merepotkan. Karena kondisi lapar akan membuat pikiran kita menjadi tidak fokus sehingga membuat kita sulit tidur. sebaiknya kamu menyimpan makanan untuk mengantisipasi jika kita merasa lapar di malam hari. Mungkin jika di daerah kota masih cukup mudah mendapatkan makanan di malam hari, namun jika kita  tinggal jauh dari kota cukup merepotkan untuk mencari makanan di malam hari.
E.       terlalu banyak kenangan
               Kondisi ini biasanya dirasakan oleh orang yang baru berpisah dengan orang yang dia cintai, entah itu sahabat, pacar, maupun keluarga. Terkadang pikiran kita akan membawa jauh kedalam memori lama tentang orang tersebut, alhasil  tanpa disadari kita sudah menghabiskan banyak waktu untuk mengingat hal tentang mereka. Bisa tentang kenangan manis maupun kenangan pahit. Jika kita terus menerus mengingatnya maka otak kita akan semakin sibuk bekerja sehingga membuat kita sulit tidur.
              jadi sebaiknya tenangkan pikiran, peluklah guling sejenak kita berbicara pada pikiran kita untuk berhenti mengingat mereka lalu fokuskan pikiran untuk tidur.
F.       terlalu banyak berpikir
              Terlalu banyk berfikir biasanya dialami oleh mereka yang sedang mengalami masalah. Ada begitu banyak masalah yang kita hadapi dalam hidup dan terkadang masalah tersebut terlalu menyita pikiran kita. Jika ini terjadi yakinkan pada pikiran kita bahwa setiap masalah pasti ada penyelesainnya, ijinkan pikiranmu istirahat agar bisa menemukan ide pemecahan masalah. Karena ketika kita terus memikirkan masalah tersebut kita hanya akan fokus dampak yang ditimbulkannya, padahal otak sudah terlalu capek bekerja seharian. 
               Otak perlu istirahat yakinkan pada dirimu bahwa esok pasti akan lebih baik. Ketahuilah otak butuh ketenangan agar bisa berfikir jernih. Dan otak butuh ketenangan agar bisa istirahat. Berhentilah berfikir untuk sejenak, ijinkan otakmu mereset setelah seharian bekerja.
G.     Internet.
                 Ini merupakan masalah manusia di jaman modern, orang seolah tidak bisa hidup tanpa gadget. Internet adalah bagian dari dunia kita, banyak aktifitas yang dapat kita kerjakan di internet. Bahkan tanpa disadari kita sudah menghabiskan berjam – jam waktu kita hanya untuk internet, percayalah internet akan selalu ON 24 jam sedangkan otak kita berhak untuk mendapatkan waktu istirahat setelah seharian bekerja. 
                 Jadi jika kita terus menerus menatap layar gadget, kita akan semakin merasa kesulitan tidur karena terlalu banyak hal yang menarik di internet untuk di tinggalkan, terlebih radiasi dari layar dagdet akan membuat otak menjadi lebih aktif bekerja sehingga kita akan merasa sulit tidur. 
                  sebaiknya jauhkan tangan dan mata kita dari gadget minimal 1 jam sebelum tidur. saya sarankan jika kamu sudah berbaring di tempat tidur JANGAN PERNAH menyentuh gadgetmu, percayalah insomniamu bisa saja berawal ketika kamu menyentuh gadgetmu. 
                  Karena saya sendiri sering  mengalaminya, seperti saat ini tanpa terasa waktu sudah berlalu berjam – jam sejak saat pertama kali internet saya aktifkan, dan melihat blog terbengkalai kemudian mencari – cari bahan untuk di upload. (yah jadi curhat dah) sudahlah berhubung sekarang sudah lewat tengah malam jadi saya akhiri artikel ini, mudah mudahan bermanfaat. Terimakasih. Have a nice dream.
Load disqus comments

0 comments