Saturday, September 19, 2015

Warna Yang Paling Mudah Di Respon Otak



                 Pernahkah kita mengamati warna  di sekitar kita, ada begitu banyak warna yang bisa ditangkap oleh mata manusia sekitar 10-16 Juta warna. Sangat banyak memang, hanya saja kita tidak bisa memberi nama pada semua warna yang ada. Kita cenderung mengingat nama warna yang sring kita lihat saja contohnya warna kuning, sebenarnnya ada banyak nama untuk warna-warna yang mendekati warna kuning tapi kebanyakan dari kita akan menyebutnya dengan warna kuning saja.

                Tapi tahukah anda dari sekian juta warna ada warna yang paling mudah direspon oleh otak manusia? Warna kuning adalah warna yang paling mudah di respon oleh otak. Ketika kita berada di suatu toko  kita akan cenderung mudah mencari barang yang berwarna kuning. Tidak percaya silahkan anda coba sendiri, meski ada begitu banyak warna yang ada didepan anda tapi mata anda akan lebih terfokus pada warna yang satu ini. Ini dikarenakan panjang gelombang yang dipancarkan oleh warna kuning lebih mudah direspon oleh otak  selain itu juga warna kuning merupakan warna yang cerah. Meski warna merah memiliki panjang gelombang paling panjang tapi warna merah cenderung gelap, sehingga masih lebih mudah terlihat warna kuning dibandingkan dengan warna merah.
                Karena alasan ini, warna kuning banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Di Amerika bis sekolah umumnya di cat dengan warna kuning, dengan tujuan agar mudah dilihat oleh para siswanya. Di Indonesia sendiri warna kuning biasa di pakai untuk warna sign / pendanda yang dipasang  sepanjang jalan untuk memberi tahu pengendara tentang kondisi jalan yang akan di lalui, baik di kondisi cerah,berkabut maupun hujan. Di dalam pabrik biasanya area-area yang berbahaya (seperti bagian-bagian mesin yang berputar ) di beri cover / pelindung dengan warna kuning, ini bertujuan agar  mudah dilihat oleh mata sehingga orang yang berada disekitar  bisa lebih berhati-hati.

                Masih ada banyak pemanfaatan warna kuning dalam kehidupan sehari-hari, mungkin anda bisa mencarinya sendiri sekedar untuk membuktikan atau ingin memanfaatkannya. Misalnya saja anda ingin membuka sebuah toko, anda bisa memberi warna kuning pada toko anda agar mudah dilihat oleh orang yang kebetulan lewat didepan toko anda.
Load disqus comments

0 comments