Tuesday, September 15, 2015

Fakta Tentang Nyamuk yang Jarang Kita Perhatikan


                Nyamuk, mendengar nama itu pikiran kita langsung tertuju pada seekor makhluk kecil,terbang , dan suka berbunyi nguing..nguing ditelinga juga suka membuat kulit terasa gatal karena ulah makhluk penghisap darah ini. Saya cukup tertarik untuk membahasnya karena nyamuk dan kawan-kawannya hampir tidak pernah bisa membiarkan saya tidur sendiri di kamar yang artinya mereka selalu hadir untuk menemani malamku, meskipun sejujurnya saya sangat benci sekali pada mereka tapi rasa-rasanya manusia dan nyamuk seolah 2 hal yang sulit untuk dipisahkan. Jadi saya ingin menyajika beberapa fakta menarik mengenai nyamuk yang mungkin baru anda ketahui.

- Yang Suka Mencuri Darah Adalah Nyamuk Betina
                Lebih dekat bersama nyamuk mari kita simak fakta mengenai nyamuk, benda kecil dan hidup yang sangat  merepotkan ini. Pada dasarnya nyamuk merupakan serangga pemakan madu/nectar  yang terdapat pada bunga. Tapi kenapa nyamuk yang sering kita jumpai merupakan serangga pemakan darah? Apa ini merupakan sebuah penyimpangan sosial? Atau mereka sengaja ingin mencari permusuhan dengan manusia?

                Ternyata tidak semua nyamuk itu penghisap darah, yang suka mencuri darah biasanya adalah ibu-ibu nyamuk yang sedang  hamil. Mereka rela mengorbankan nyawanya untuk kelangsungan hidup keturunannya. Sama halnya seperti  manusia ketika hamil butuh lebih banyak pasokan nutrisi dari biasanya, dan tidak beda jauh dengan nyamuk betina mereka juga butuh banyak pasokan nutrisi terutama protein amino yang banyak terdapat pada darah. Dengan begini bisa dipastikan nyamuk yang suka mencuri darah manusia adalah berkelamin betina karena Cuma mereka yang punya alibi untuk melakukan pencurian ini. Sebenarnya manusia bukanlah satu-satunya target favorit bagi meraka karena selain manusia mereka juga suka menghisap darah sapi,kerbau maupun tikus. tak ada akar, rotan pun jadi lah.. hhe

Nyamuk Melihat melalui inframerah
               
Maksud dari melihat melalui inframerah ialah mata nyamuk mendeteksi mangsanya melalui panas yang dihasilkan oleh tubuh mangsanya, jadi meskipun malam hari mereka bisa mendeteksi mangsanya dengan tepat dan jelas walaupun kita mencoba menyembunyikan diri  di balik selimut simsalabim tiba-tiba terasa gatal di bagian kaki kita akibat  gigitan nyamuk, cukup sulit untuk menghindari gigitan nyamuk.sekedar informasi Nyamuk juga memiliki mata berjumlah 100 buah yang  memudahkan ia untuk menyelamatkan diri ketika hantaman demi hantaman datang menghampiri.

Nyamuk Menyukai Karbondioksida
               
Menurut ahli serangga Ring Carde dan Teun Dekker dari Universitas of California melalui sebuah riset menemukan fakta bahwa nyamuk menyukai gas CO2  yang dikelurakan oleh manusia. Sedangkan kita tahu bahwa setiap detik kita mengeluarkan gas CO2 sehingga sulit bagi kita untuk menghindari nyamuk, mungkin mereka sudah terlanjur jatuh hati dengan manusia, jadi kita harus terima nasib. Berikutnya, ternyata nyamuk juga menyukai aroma tubuh manusia, biasanya ketika kita baru selesai olahraga tubuh akan mengeluarkan keringat dan aroma yang menarik banyak nyamuk untuk datang.

                Selain itu juga nyamuk kebih suka mengincar bagian kaki manusia karena bakteri yang terdapat kaki bisa membuat nyamuk tertarik untuk memangsa. Jadi tidak heran ketika kita pulang kerja kondisi masih berkeringat dan kaki bau kemudian kita duduk didepan rumah lalu banyak nyamuk yang datang kemudian muter –muter disekitar kaki leher atau nguing..nguing di telinga.

Nyamuk Menyukai Warna Gelap
               
penelitian dari Jonathan Day, profesor bidang medical entomology dari University of Florida mengungkapkan bahwa n nyamuk lebih suka dengan warna gelap seperti hitam,biru,ungu maupun warna cokelat. Mungkin kita perlu menggunakan warna –warna cerah untuk sekedar menghindari mereka, meskipun ada banyak faktor yang mengundang datangnya nyamuk seperti sudah di jelaskan di atas namun boleh dicoba, setidaknya sedikit mengurangi minat nyamuk untuk memangsa kita.

                Terus juga ketika malam hari terbukti ketika lampu kamar mati jumlah nyamuk  yang datang lebih banyak ketimbang ketika kita menyalakan lampu kamar. Namun hati-hati ketika tidur dengan kondisi lampu menyala tidak baik untuk kesehatan terutama untuk jangka panjang baik itu pria maupun wanita.

Penyebab Kulit Gatal Setelah Digigit Nyamuk
                Siapa sih yang tidak kesal dengan nyamuk. Terutama karena gigitannya yang menyebabkan gatal di kulit. Mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya kenapa bekas gigitan nyamuk membuat kulit terasa gatal

                Ketika nyamuk betina sudah menemukan targetnya maka ia akan menjulurkan jarum penghisapnya  atau istilah lainnya probosis. Probosis ini bekerja dengan cara merobek bagian kulit kita yang kemudian ia mulai menghisap darah. Nah  ketika kulit kita robek maka secara otomatis darah akan keluar yang bisa merepotkan si nyamuk, namun ia dibekali air liur yang memiliki fungsi untuk membekukan darah mangsanya sehingga darah akan berhenti keluar. air liur ini yang sebenarnya menimbulkan rasa gatal karena menginfeksi bagian kulit kita akibatnya timbul bengkak kecil atau bentol-bentol pada kulit.

 Obat anti nyamuk tidak cukup ampuh membunuh nyamuk
                Ternyata kebanyakan obat anti nyamuk dipasaran tidak bisa membunuh nyamuk. Seperti halnya obat anti nyamuk lotion yang banyak dipakai karena selain dipercaya bisa mengusir nyamuk juga karena keharuman yang didapat sehingga banyak yang memakainya. Tapi tahukah anda obat anti nyamuk jenis ini hanya berfungsi untuk mengacaukan sensor pada nyamuk, sehingga nyamuk tidak bisa mendeteksi bagian yang di olesi lotion anti nyamuk tadi, namun ia akan terus mencari bagian tubuh lain yang aman bagi nyamuk.

                Saya pernah ketika itu kamar kos saya dikunjungi banyak sekali nyamuk, terus saya coba obat anti nyamuk berbentuk kertas bakar yang menimbulkan asap dan aroma wangi yang  tidak disukai nyamuk. Setelah beberapa saat ternyata benar ada banyak sekali nyamuk yang tergeletak dilantai seperti korban perang yang berjatuhan. Karena saya pikir mereka semua telah gugur akhirnya saya biarkan saja, namun selang beberapa menit mungkin sekitar 10menitan nyamuk-nyamuk yang sudah bergelimpangan di atas lantai tiba-tiba merangkak secara perlahan untuk bangun. Karena tidak rela akhirnya saya injak semua yang sudah tergeletak di lantai agar mereka bisa melanjutkan tidur panjangnya. Dari sini bisa saya simpulkan ternyata obat nyamu kertas bakar hanya membuat nyamuk mabuk kepayang karena aromanya terlalu wangi.
Load disqus comments

0 comments