Thursday, October 27, 2016

Apa sih Pengaruh Tax Amnesty terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

source image
“Secara umum Tax Amnesty berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia “. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPS Suhariyanto di ruang kerjanya saat di wawancarai oleh reporter dari MNC TV Jumat 14 Oktober 2016.  

Secara lebih rinci dia menjelaskan bahwa repatriasi akan berpengaruh pada neraca pembayaran yang kemudian akan memperkuat nilai tukar rupiah, kalau nilai tukarnya menguat akan mengurangi biaya input produksi, sehingga harga barang akan lebih murah.  Akan tetapi menurut beliau dampak besar Tax Amnesty sampai saat ini belum ada, karena sekarang baru mengumpulkan. Jadi besarnya pengaruh Tax Amnesty pada pertumbuhan ekonomi bisa dilihat tahun depan tergantung pada dua hal, yaitu, berapa besarnya dana yang diperoleh dan Pemanfaatan dana tersebut (sektor riil/finansial) 

Selain itu Suhariyanto menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi tw I 2016 di Indonesia cukup bagus ditengah kondisi ekonomi global yang sedikit melemah. Sampai dengan tw I 2016, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,06 % lebih tinggi dari tahun 2015 dan 2014 yaitu  4,79 % dan 5,02 %.
Load disqus comments

0 comments