Thursday, October 27, 2016

Alasan Kenapa Indonesia Membuat Kebijakan Soal Tax Amnesty

source image

Menurut Menteri Keuangan Republik Indonesia, Bambang P.S. Brodjonegoro menjelaskan latar belakang pemerintah mengajukan Tax amnesty ini.

Yang pertama kebijakan tax amnesty harus dilihat sebagai kebijakan ekonomi yang bersifat mendasar, jadi tidak semata-mata kebijakan terkait fiskal apalagi khususnya pajak. Jadi ini kebijakan yang dimensinya lebih luas, kebijakan ekonomi secara umum. Kenapa? Karena pertama dari sisi pajaknya sendiri, dengan adanya tax amnesty maka ada potensi penerimaan yang akan bertambah dalam APBN kita baik di tahun ini atau tahun-tahun sesudahnya yang akan membuat APBN kita lebih sustainable. APBN lebih sustainable dan kemampuan pemerintah untuk spending atau untuk belanja juga semakin besar sehingga otomatis ini akan banyak membantu program-program pembangunan tidak hanya infrastruktur tapi juga perbaikan kesejahteraan masyarakat.

Jadi dari satu sisi adanya tax amnesty tahun ini dan seterusnya akan sangat membantu upaya pemerintah memperbaiki kondisi perekonomian, pembangunan dan mengurangi pengangguran, mengurangi kemiskinan serta memperbaiki ketimpangan. Nah tetapi disisi lain, di sisi yang di luar fiskal atau pajaknya, dengan kebijakan amnesty ini yang diharapkan dengan diikuti repatriasi sebagian atau keseluruhan aset orang Indonesia di luar negeri maka akan sangat membantu stabilitas ekonomi makro kita. Apakah itu dilihat dari nilai tukar rupiah, apakah itu dilihat dari cadangan devisa, apakah itu dilihat dari neraca pembayaran kita atau bahkan sampai kepada likuiditas dari perbankan. Jadi kami melihat bahwa kebijakan ini sangat strategis karena dampaknya dampak yang sifatnya makro, menyeluruh dan fundamental bagi perekonomian Indonesia.

itu tadi penjelasan dari seorang Menteri Keuangan yang bahasa nya  tingkat tinggi. Jadi  intinya begini, jangan melihat Tax Amnesty(TA) ini terlalu sempit, yaitu memandang TA ini hanya semata - mata sesuatu yang berkaitan dengan pajak, namun TA ini akan memiliki dampak yang bagus terhadap perekonomian Negara, karena TA ini memiliki dampak yang luas bukan hanya satu  bidang saja.
Load disqus comments

0 comments