Saturday, May 28, 2016

Cara Paling Efektif untuk Menghilangkan Rasa Kantuk, Sudah Terbukti




   
 Source image
            
Mengantuk merupakan salah satu nikmat dari Tuhan, siapa sih orang yang tidak suka tidur, pasti semua orang menginginkan tidur yang berkualitas bukan. Biasanya sebelum tidur di awali dengan rasa kantuk yang datangnya bisa kapanpun dimanapun tanpa permisi, tapi bagaimana jika rasa kantuk itu datang di saat yang kurang tepat? Seperti ketika kita sedang menerima pelajaran di sekolah, kampus, ketika berkendara maupun ketika kita sedang bekerja. Sebuah nikmat yang Timming nya kurang pas, karena kalau kita ikuti rasa kantuk tersebut bisa menjadi masalah ketika sedang beraktifitas.

Saya akui hal tersebut sungguh sangat merepotkan, Saya sendiri sering mengalaminya terutama ketika sedang bekerja. Bahkan ketika masih duduk di bangku sekolah pun dulu saya sering mengalaminya, benar – benar suatu nikmat apalagi ketika sedang pelajaran sejarah , yeah seperti mendengarkan cerita dongeng penghantar tidur. Seolah ada magnet yang berbeda kutub antara kepala dan meja, bahkan saya sempat dijuluki “Dewa Penidur ” ketika SMP, wkkkk... Kamvretos sekali, padahal saya sudah berusaha dengan sekuat mata untuk tetap terjaga, tapi apa boleh buat nikmat Tuhan mana yang harus saya dustakan, bukankah nikmat wajib kita syukuri. :D

Okeh karena basa sudah terlalu basi karena kebanyakan curhat, langsung saja saya akan memberikan beberapa tips untuk melawan rasa kantuk. Beberapa tips berikut sudah pernah saya coba n it works. Tapi sebelumnya kita harus tahu dulu tentang seluk beluk “rasa kantuk” biar kita bisa lebih efektif untuk melawannya. Sebenarnya ada banyak penyebab rasa kantuk, tapi yang sedang saya bahas rasa kantuk yang di alami orang pada umumnya. Bukan karena mereka yang sedang menderita penyakit tertentu(anemia,kekurangan zat gula,myopi de el el).

 jadi Mengantuk sebenarnya terjadi akibat otak kekurangan pasokan oksigen sehingga kinerja otak lama kelamaan jadi menurun, karena oksigen sangat dibutuhkan oleh otak yang merupakan organ yang sangat vital dan paling banyak memakan nutrisi. Jika pasokan oksigen berkurang maka otak berusaha menghemat energi dengan memberitahukan mata untuk segera istirahat. Mangkannya ketika malam hari kita tertidur karena jumlah oksigen menipis akibat tumbuh – tumbuhan yang juga menyerap oksigen ketika malam hari. Eh malah jadi narasi lagi, yaudah langsung saja Check This tips below .

1. Lari Sprint ( Lari cepat jarak pendek)
Ini merupakan cara yang masih sering saya pakai untuk melawan rasa kantuk, karena cara ini cukup efektif. Kita hanya perlu lari dengan kecepat tinggi dengan jarak yang pendek, lari sprint dapat memacu kinerja jantung untuk bekerja lebih keras sehingga darah yang membawa oksigen dapat bergerak cepat ke otak akibatnya otak kembali segar, jantung berdebar – debar dan mata kembali melek. Namun ada sedikit resiko jika kita melakukan cara ini, biasanya jika di tempat kerja orang menganggap tingkah saya cukup aneh karena berlarian kesana kemari tidak jelas menurut mereka. Tapi mereka belum paham bagaimana kantuk itu bisa terjadi sehingga kurang begitu mengerti kenapa saya berlarian kesana kemari wkkk... tapi setelah saya jelaskan sedikit , akhirnya mereka paham. jadi sekarang ketika mereka melihat saya berlarian kesana kemari di tempat kerja itu artinya saya sedang berperang melawan kantuk. It’s little bit weird, but it works haha..

2. Makan makanan super pedas
Untuk cara ini saya juga pernah mencobanya, biasanya saya membeli kerupuk / keripik yang rasanya super pedas untuk di bawa ketempat kerja. Entah bagaimana cara kerjanya tapi ketika makan makanan pedas mata mendadak melek  apalagi saya tambah dengan minum minuman yang hangat, di jamin rasa kantuk bakal hilang. Tapi cara ini jarang saya pakai, karena bisa menyebabkan rasa sakit di perut akibat rasa pedasnya, jadi buat kalian yang punya penyakit maag sebaiknya cukup pakai cara 1.

3. Mengoleskan Balsem pada area sekitar mata.
Cara ini biasanya saya lakukan ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan bermotor. Karena saya tidak mungkin berlarian sendiri di pinggir jalan hanya sekedar menghilangkan rasa kantuk, malah nanti dikira orang edan, hha.. biasanya ketika perjalanan jauh saya selalu sedia Count**pain buat di olesin bawah mata. Cara ini cukup efektif buat menghilangkan rasa kantuk selama 10 menitan, jadi jika kamu berkendara dengan kecepatan 60 Km/jam itu artinya se oles balsem sudah bisa membawamu sejauh 10 Km/jam tanpa kehadiran Si kantuk itu tadi, lumayan lah untuk sementara, daripada tiba – tiba jatuh ke pelukan aspal, kan jadi Sakitnya tuh di sini hehe..

4.Minum meniuman ber energi (Energy Drink)
Untuk perjalan jauh menggunakan motor biasanya saya selalu bawa minuman yang satu ini entah beberapa botol, pasti saya bawa. Karena kata teman saya Energy Drink bisa melawan rasa kantuk, jadi saya sering membawanya, efeknya hanya terasa sedikit buat saya, tapi tetap cara ini masih sering saya pakai.

5. Menampar pipi kanan kiri
Cara ini pasti saya lakukan ketika berkendara untuk perjalanan jauh, mungkin ini salah satu bentuk keputus asaan karena sudah mencoba beberapa cara melawan kantuk tapi kurang puas. Sehingga saya perlu menyakiti diri sendiri (ketika disakiti orang lain sudah terlalu mainstream). Biasanya saya tampar pipi kanan, kiri , sampai hidung menjadi target empuk. meski cukup efektif tapi percaya lah semua itu rasanya sakit. Kalau penasaran boleh dicoba.

6. Cuci muka
Sebenarnya cara ini sudah terlalu mainstream jadi saya menggunakan cara ini dengan mengombinasikan dengan cara- cara di atas.

                Well, itu semua beberapa cara yang sering saya gunakan ketika nikmat Tuhan yang satu ini datang di waktu dan tempat yang salah. Silahkan jika kamu ingin mencobanya tapi jika ada hal – hal yang tidak di inginkan terjadi jangan salahkan saya, karena mungkin hasilnya bisa berbeda  - beda antara aku, kamu , dia dan mereka.

                Ya barangkali setelah baca artikel ini ada yang ingin mencoba lari sprint terus nabrak tembok. Salah siapa coba? Atau penasaran pengen menggampar muka sendiri menggunakan sepatu. Mohon jangan libatkan saya jika kasusnya seperti ini. Tapi kalau ada yang penasaran ingin cuci muka dengan air mendidih (karena cuci muka menggunakan air dingin sudah terlalu mainstream) ya silahkan saja, tapi kalau sudah mencoba tolong komentar di bawah, karena saya sendiri penasaran pengen lihat hasilnya..

Okeh demikian beberapa tips yang bisa di pakai sebagai amunisi untuk melawan rasa kantuk yang terlalu merjalela. Terima kasih sudah mampir, maaf  jarang nulis artikel lagi sibuk ama dunia nyata. Haha.. (alesann, padahal maless ngetiknya.. :D )
Load disqus comments

0 comments