Wednesday, May 17, 2017

Angka Kemiskinan Pada Masa Pemerintahan Jokowi


Setiap kinerja kepala pemerintah pasti menjadi sorotan publik, terutama bagi masyarakatnya sendiri. Bukan cuma anda yang penasaran dengan kinerja kepala pemerintahan Indonesia namun saya sendiri juga penasaran. Sehingga saya coba mencari data yang bisa menunjukan kinerja presiden kita yaitu Presiden Jokowi (2014 - 2019).

Sebenarnya ada banyak sektor yang bisa kita lihat sebagai acuan untuk melihat kinerja kepala pemerintahan kita, sehingga data ini tidak mutlak sebagai indikator kinerja presiden kita. Namun setidaknya kita bisa melihat bagaimana presiden kita menyelesaikan masalah yang satu ini.
Pada kali Ini saya coba melihat dari angka kemiskinan di Indonesia, masalah yang sebenarnya mungkin butuh waktu yang sangat lama atau bahkan mungkin tidak bisa diselesaikan secara tuntas, mengingat negara - negara maju sekalipun pasti memiliki yang namanya angka kemiskinan.

Data angka kemiskinan ini saya ambil dari data terbaru BPS yang saya olah kembali agar lebih mudah untuk dipahami. 

Presiden Jokowi resmi menjabat pada bulan Oktober 2014 - Oktober 2019 mendatang. Angka kemiskinan ini adalah angka total jumlah angka kemsikinan di seluruh indonesia baik diperkotaan maupun pedesaan. Kita anggap tahun 2014 adalah sebagai titik awal angka kemiskinan di Indonesia, Sampai artikel ini ditulis, data terbaru menunjukan angka kemiskinan hingga tahun 2016.

Angka kemiskinan di Indonesia pada tahun 2014 menunjukan angka 27.727.780 Jiwa, pada tahun 2015 angka kemiskinan naik menjadi 28.513.570 Jiwa dan turun pada tahun 2016 menjadi 27.764.320 jiwa. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar grafik di bawah ini.


Saya sengaja memasukan angka kemiskinan dari tahun 2013 dan memassukan angka per semester agar terlihat lebih jelas perkembangannya.

Load disqus comments

0 comments