Monday, January 2, 2017

10 Bahasa Dengan Penutur Terbanyak, Indonesia Urutan Ke...




Kali ini kita akan membahas tentang jumlah penutur bahasa terbanyak di dunia. Ada 10 daftar bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia yang saya rangkum dalam bentuk grafik. data ini saya ambil dari Wikipedia dan Ethnologue 2015.

1. Urutan pertama ditempati bahasa Mandarin yang dituturkan sepanjang utara dan barat daya Republik Rakyat Cina. Di gunakan sekitar 1,09 Miliar penutur.

2. Penutur terbanyak kedua di dunia adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa utama di Britania Raya (termasuk Inggris), Amerika Serikat, serta banyak negara lainnya, biasanya negara bekas jajahan Inggris. Dan di gunakan sekitar 942 pengguna tersebar diseluruh dunia

3. Ke tiga adalah Bahasa Spanyol, Bahasa ini merupakan bahasa pertama bagi sekitar 500 juta orang di dunia, atau bagi 600 juta orang jika termasuk nonpenutur asli (perkiraan tahun1999). Mayoritas penutur bahasa Spanyol kebanyakan berada di Amerika Latin. Totalnya ada sekitar 570 Juta penutur

4. Ke empat adalah bahasa Arab yang merpakan bahasa resmi di 25 negara. Bahasa Arab adalah salah satu bahasa Semit Tengah, yang termasuk dalam rumpun bahasa Semit dan berkerabat dengan bahasa Ibrani, dan bahasa-bahasa Neo-Arami. Penggunanya sekitar 385 Juta pengguna.

5. Berikutnya adalah bahasa Hindi . Bahasa Hindi merupakan bahasa resmi di India selain bahasa Inggris. Bahasa ini merupakan saudara kembar bahasa Urdu, selain tersebar penuturnya di hampir seluruh wilayah India, bahasa Hindi juga tersebar di luar India. Jumlah penuturnya sekitar 380 Juta orang.

6. Urutan ke enam adalah bahasa Portugis, di gunakan oleh sekitar 262 Juta penggun, dan banyak dituturkan di Portugal, Brasil, Angola, Mozambik, Tanjung Verde, dan Timor Leste. Banyak ahli bahasa menganggap bhasa Galisia-bahasa daerah di Galisia, Spanyol-sebenarnya adalah sejenis Portugis yang telah di pengaruhi dengan kuat bahasa Spanyol.

 

7. Berikutnya adalah bahasa Rusia, dengan perkiraan jumlah penutur terbanyak 260 juta jiwa. Bahasa Rusia dituturkan secara luas di 17 negara di dua benua.

8. Muingkin karena jumlah penduduknya yang cukup padat sehingga Bangladesh menjadi negara dengan penutur terbanyak no 8. Bangali merupakan salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak sekitar 224 Juta Pengguna dan Selain di Bangladesh 70 juta penduduk India juga manggunakan bahasa ini. Dan juga penuturnya pun tersebar di berbagai penjuru dunia.

9. Nah di urutan ini adalah bahasa Malay yang merupakan bahasa yangn dituturkan oleh Indonesia dan Malaysia. Yang merupakan bahasa resmi dari kedua negara. Meski sedikit berbeda antara Bahasa Indonesia dengan Melayu namun pada dasarnya adalah sama.

Penamaan bahasa Indonesia di awali sejak Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928. Ini untuk menghindari kesan Imperialisme bahasa apabila nama bahasa Melayu digunakan. Proses ini menyebabkan berbedanya bahasa Indonesia Saat ini dari varian bahasa Melayu yang digunakan di Riau dan Semenanjung Malaya.

Hingga kini bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup. Ia terus menghasilkan kata-kata baru baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing.

Total pengguna bahasa Malay adalah 281 Juta pengguna. sekitar 204 Juta merupakan penutur dari Indonesia sedangkan sisanya adalah 77 Juta berasal dari Malaysia.

10. Dan urutan terakhir dari jumlah pengguna bahasa terbanyak adalah bahasa Perancis. Bahasa ini digunakan secara resmi di 29 negara, ditambah 7 negara di mana umum digunakan tetapi tidak resmi yang tersebar di Wilayah Eropa, Benua Amerika, Afrika, Asia, dan Oseania. Jumlah penuturnya ada sekitar 220Juta pengguna.

Demikianlah data penutur bahasa terbanyak yang tersebar di seluruh dunia. Mungkin data tersebut tidak benar - benar akurat namun bisa dijadikan referensi, mengingat ada lebih dari 6 ribu bahasa di seluruh dunia dan setiap hari mungkin ada bahasa baru yang lahir dan ada bahasa yang punah.
Load disqus comments

0 comments